Skip navigation

oke,kali ini gw pengen share mengenai hal2 yang berhubungan dengan computer things.kali ini gw mengambil mengenai pasar GPU alias Graphic Processor Unit. Tentunya orang2 awam belum mengetahui banyak mengenai GPU. GPU adalah hardware komputer yang memproses data grafis,khususnya pada image editing dan gaming,karena membutuhkan detil yang sangat tinggi.( objek dengan partikel yang sangat kompleks dan bayangan yang hampir menyerupai kenyataan). Tentunya GPU juga harus diseimbangkan dengan processor yang dapat mengimbangi kinerja GPU. Sampai saat ini ada 2 pemasok GPU yang sangat terkenal,yaitu ATi dan nVidia. Keduanya mempunyai keunikan masing-masing. Secara umum,kedua GPU ini mempunyai kemampuan masing-masing. ATi dapat me-render gambar yang lebih detil dari nVidia(walaupun terkadang shading ATi sering amburadul). Bagaimana dengan nVidia?well,mereka lebih mengutamakan shader dan bentuk bayangan pada objek,sehingga terlihat lebih realistik.Bagaimana dengan kinerja? Bisa dibilang nVidia kurang pas di kantong,karena produk-produk unggul nVidia dibuat dengan patokan harga 100US$ keatas.hal ini dimanfaatkan oleh ATi dengan membuat produk GPU mainstream(umum) dengan harga 100 US$ kebawah dan dengan performa yang sedikit diatas nVidia.dngan hal seperti itulah ATi mulai merajai GPU kelas mainstream.

Bagaimana dengan GPU kelas eksekutif dengan harga (budget) tak terbatas? bisa dibilang bahwa ATi telah berambisi untuk menjatuhkan nVidia dengan “senjata” baru mereka,yaitu HD 5870 X2 a.k.a. HD 5970. dengan 2 unit GPU dalam 1 alat dan memory interface hingga 768 bit,dapat dipastikan bahwa “the giant ones” bakalan menenggelamkan GeForce GTX 295 yang sampai sekarang ini masih terhitung terlalu mahal dan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Pada awal 2010,isu mengenai balas dendam nVidia pun mulai terkuak,dimana GTX 300 family akan dirilis dalam waktu dekat.Codename untuk GPU ini adalah Fermi,dimana pada kali ini mereka akan menggunakan DirectX 11.0. Jika dilihat lebih dalam lagi,ATi Radeon telah menggunakan DX 11.0 pada akhir 2009 dengan GPU Card HD 5870 dan 5970 series.

untuk lebih jelasnya,ini adalah perkiraan mengenai benchmark Fermi dengan Redwood.
Benchmark Fermi dan HD 5970
Jika dilihat lebih teliti,Fermi tidak menghasilkan sesuatu yang signifikan.bahkan dengan HD 5970 saja masih beda tipis,walaupun lebih duluan dikeluarkan HD 5970 . Apakah ini akan menjadi pertanda bahwa nVidia akan ‘terjajah’ oleh ATi? Atau,ini kan menjadi bumerang untuk ATi ? Kita lihat saja siapa yang lebih tangguh dalam soal ‘gambar-menggambar’ .:D

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: